Mencermati Strategi Pemasaran Online yang Wajib Diketahui Pebisnis

Anggi Mardiana
4 September 2023, 09:00
Strategi Pemasaran Online
Unsplash
Ilustrasi, strategi pemasaran online.

Manfaat strategi pemasaran online cukup banyak dirasakan oleh pebisnis karena era sekarang banyak pengguna media sosial, situs web maupun aplikasi berbasis internet yang terus meningkat.

Pasar dalam pemasaran online dikenal dengan sebutan e-commerce. Meski media sosial, website atau blog terlihat mudah dioperasikan namun memerlukan strategi khusus agar lebih efisien.

Pemasaran online banyak dipilih oleh produsen untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. Pasalnya, strategi memiliki sejumlah manfaat, seperti menjangkau lebih banyak konsumen, dapat dilakukan fleksibel sehingga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Kemudian, hemat biaya dan tenaga, dengan catatan pelaku usaha memiliki skill yang diperlukan dalam pemasaran seperti copywriting dan editing. Lalu, memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli karena bisa merespon pertanyaan konsumen dengan lebih cepat.

Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran Online
Strategi Pemasaran Online (Unsplash)

Digital marketing memiliki banyak cara sesuai dengan layanan, produk dan target konsumen. Berikut beberapa strategi pemasaran secara online yang bisa Anda coba:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pemasaran atau promosi online yang bisa Anda coba pertama yaitu menggunakan bantuan Search Engine Optimization (SEO). Tujuan SEO yaitu sebagai sarana pemasaran online agar website muncul di halaman pertama Google.

SEO dilakukan tanpa menggunakan iklan melalui Google Ads sehingga kunci keberhasilannya terletak pada konten yang disajikan dalam website perusahaan. Berikut beberapa bagian SEO:

  • SEO on-Page
    Ini merupakan optimasi SEO di dalam website. SEO on page dilakukan melalui pembuatan konten SEO friendly.
  • SEO off-Page
    SEO off page merupakan optimasi SEO yang berasal di luar website yaitu melalui penambahan backlink.
  • Technical SEO
    Technical SEO merupakan optimasi website secara teknis agar mudah diperingkat oleh Google.

2. Affiliate Marketing

Strategi pemasaran online berikutnya adalah bekerjasama dengan pengusaha lain. Caranya dengan saling memasarkan produk dan membagi keuntungan. Hal ini dilakukan tidak hanya berpeluang pada peningkatan penjualan tetapi juga memperluas relasi bisnis sehingga bisa semakin dikenal oleh banyak kalangan.

3. Pay Per Click (PPC)

PPC adalah pemasaran produk yang menggunakan iklan berbayar, nantinya Anda akan diminta membayar jumlah promosi sesuai jumlah klik yang dilakukan konsumen. Keuntungan menggunakan PPC yaitu sebagai berikut:

  • Mengatur target konsumen.
  • Mengontrol budget yang dikeluarkan untuk memasang iklan.
  • Bebas memilih platform tempat menampilkan iklan sesuai dengan kebutuhan usaha.
  • Mengatur durasi penampilan iklan.

4. Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran online yang banyak dilakukan. Anda bisa membuat artikel, infografis, e-magazine atau video yang diunggah melalui website maupun media sosial.

Jenis-jenis Pemasaran Online

Jenis-jenis Pemasaran Online
Ilustrasi, pemasaran online (Unsplash)

Setelah mengetahui strategi memasarkan produk, ketahui juga jenis-jenis pemasaran online yang bisa dipilih, berikut di antaranya:

1. Website

Website merupakan salah satu media pemasaran online yang dinilai lebih efektif dibandingkan media sosial dan email. Sebab website memiliki kemungkinan untuk terus berkembang dalam jangka panjang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...